Minggu, 27 September 2009

PENDUKUNG DIAGNOSA PENYAKIT

Salah satu kunci sukses dalam usaha peternakan ialah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas. Diantaranya piawai mengolah diagnosa yang dapat menjadi berbagai tindakan nyata untuk memperbaiki kondisi peternakannya. Namun diagnosa penyakit adalah gampang-gampang susah. kadang peternak menghadapi kesulitan untuk beberapa keadaan seperti di bawah ini :
  1. kesulitan mendapatkan akses informasi dan teknologi terbaru untuk menambah pengalamannya
  2. minimnya gejala yang muncul namun kerugian ekonomi sudah sangat tinggi
  3. kasus yang muncul merupakan kasus baru
  4. penyakit yang muncul sudah komplikasi
untuk membantu dalam meneguhkan diagnosa maka di rekomendasikan untuk melakukan uji laboratorium, salah satunya uji serologis.

apa itu uji serologis
uji serologis adalah pengujian yang menggunakan seru sebagai sampel. prinsip utama uji ini adalah mereaksikan antibodi dengan antigen yang sesuai. antibodi adalah zat kekebalan yang dilepaskan oleh sel darah putih untuk mengenali serta menetralisir antigen (bibit penyakit baik virus maupun bakteri) yang ada dalam tubuh.

fungsi uji serologis
  1. membantu dalam mendiagnosa penyakit
  2. monitoring titer antibodi
  3. mengetahui keberhasilan vaksinasi
  4. pemetaan baseline titer
  5. mengukur antibodi maternal
serum sebagai sampel utama
serum mengandung antibodi sehingga ketersediaannya mutlak untuk uji serologis. serum adalah bagian dari plasma darah (bagian cair darah). serum yang dalam kondisi bagus berwarna kuning bening. teknik dan waktu pengambilan serum adalah dua faktor penting dalam penanganan serum. waktu pengambilan yang tepat akan memperlihatkan kondisi imunitas yang sebenarnya dan terhindar dari salah penafsiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar